Hanya Dengan 1 Akun Mainkan 8 GAMES | INDOVIP303.COM






Jumat, 29 Maret 2019

Air Terjun Mendadak Muncul di Puncak Gunung Galunggung



Sudah terjadi sejak lama.

VIPDOMINO - Penampakan air terjun di Gunung Galunggung menghebohkan warga Tasikmalaya, Jawa Barat. Video peristiwa itu menjadi viral di media sosial.

Kepala Pusat Vulkanologi, Mitigasi, Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, mengatakan, luncuran air terjun itu terletak di tebing barat kawah Gunung Galunggung. Jalur air terjun itu disebutkan memang sudah muncul sebelumnya.

" Kemarin terjadi hujan terus menerus sehingga volume air terjun membesar. Jalur air terjun berada pada daerah bekas longsoran, adanya debit air yang besar memungkinkan ada sebagian kecil material batuan yang tergerus," ucap Kasbani



Menurut Kasbani, pengamat Gunung Galunggung telah ke lokasi dan memastikan peristiwa itu. Dia menyebut, air terjun hanya mengarah ke dalam kawah dan tak menyebabkan penambahan volume air kawah.

" Saat ini volume air terjun sudah menurun. Sejauh ini Gunung Galunggung masih dalam status normal atau level 1. Tidak ada peningkatan vulkanik," kata dia.

Laporan tertulis petugas pos PVMBG setempat, Joshua, mengatakan, air yang mengalir tidak langsung masuk ke Sungai Cikunir dan Cibanjaran.
Warga Diminta Waspada

Meski secara visual air yang turun dari tebih kawah Galunggung terlihat cantik, warga diimbau tidak telalu mendekat. Sebab, ditakutkan terjadinya longsor akibat tebing yang tergerus.

" Warga diimbau untuk tidak turun ke kawah karena potensi longsor cukup tinggi. Warga diimbau lebih waspada dan menghindari wilayah tersebut dikala debit air besar," ujar dia.

BPBD Tasikmalaya, mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak panik terhadap lingkungan sekitar. Warga yang menemukan kondisi darurat akibat bencana dapat melapor ke call center Pusdalops BPBD Tasikmalaya.



0 komentar:

Posting Komentar