Hanya Dengan 1 Akun Mainkan 8 GAMES | INDOVIP303.COM






Selasa, 16 April 2019


1. Sumba, NTT

Sumba di NTT pelan-pelan mencuri perhatian. Yang teranyar, saat Presiden Jokowi menghadiri pagelaran Parade 1.001 Kuda Sandelwood di Tambolaka pada bulan Juli 2017 lalu. Presiden Jokowwi bahkan menggenakan seragam adat Sumba sampai melakukan tradisi cium hidung.

10 Destinasi Indonesia yang Bakal Hits di 2018 Versi detikTravel


Apalagi, film terbaru Ernest Prakasa berjudul 'Susah Sinyal?' syuting di Sumba. Makin penasaranlah penonton dibuat kagum oleh bentang alam Sumba berupa perbukitan dan padang savana hijau.


Sumba yang terdiri dari 4 kabupaten, yaitu Sumba Tengah, Sumba Barat, Sumba Timur, dan Sumba Barat Daya memiliki ciri khas daerahnya masing- masing. Keindahan alam Danau Weekuri, Pantai Ratenggaro, Bukit Wairinding, dan Pantai Nihiwatu merupakan beberapa destinasi populer di Sumba. Selain itu juga ada wisata budaya yang tak kalah menarik, seperti Kampung Adat Tarung, Kampung Adat Praiyawang, dan Kampung Raja. Satu lagi, Sumba punya bunga sakura lho!



2. Danau Toba, Sumatera Utara


10 Destinasi Indonesia yang Bakal Hits di 2018 Versi detikTravel


Danau Toba di Sumatera Utara ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata sebagai 10 Destinasi Prioritas atau disebut juga 10 Bali Baru. Pembangunan aksesbilitas pun dikebut di sana, Bandara Silangit pun dikebut maksimal agar lebih banyak pesawat bisa terbang ke sana dan menampung lebih banyak penumpang.


November 2017 kemarin, Presiden Jokowi pun baru meresmikan Terminal Bandara Internasional Silangit. Presiden Jokowi berharap, Terminal Bandara Internasional Silangit dapat menjadi pintu masuk atau gerbang bagi turis mancanegara yang mau menikmati keindaan Danau Toba. Jarak dari Bandara Silangit ke Danau Toba memang lebih dekat, tak sejauh dari Bandara Kualanamau.


Kementerian Pariwisata juga gencar mempromosikan Danau Toba ke dunia supaya lebih banyak turis yang ke sana. Kamu, sudah ke Danau Toba belum?


3. Labuan Bajo, NTT


10 Destinasi Indonesia yang Bakal Hits di 2018 Versi detikTravel


Labuan Bajo adalah sebuah kota pelabuhan kecil yang cantik di ujung paling barat pulau Flores dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK), NTT. Meski hanya desa kecil, Labuan Bajo menawarkan ragam aktivitas wisata yang membuatnya pantas masuk dalam daftar 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.


Banyak yang bisa turis lakukan di Labuan Bajo, seperti snorkeling hingga bertemu dengan komodo. Pun di Taman Nasional Komodo baik di Pulau Komodo sampai di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, merupakan satu-satunya habitat Si Naga Purba.


Oktober 2017 kemarin, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan pelesiran ke Labuan Bajo. Dirinya terlihat gembira bisa mendaki sampai ke puncak Pulau Padar hingga snorkeling di sana. Sebelum itu di awal tahun 2017, Valentino Rossi Sang Legenda Moto GP juga datang ke Pulau Komodo.


4. Raja Ampat, Papua Barat


10 Destinasi Indonesia yang Bakal Hits di 2018 Versi detikTravel


Siapa yang tidak bermimpi datang ke Raja Ampat di Papua Barat? Keindahan gugusan pulau karang, bawah laut hingga pesisir pantainya begitu menggoda. Sering kali destinasi ini pun menyabet penghargaan dunia, serta dikunjungi Presiden Jokowi.


Yang terbaru di akhir tahun 2017 kemarin, Presiden Jokowi menyambangi Raja Ampat di perayaan Hari Ibu. Bersama keluarganya, Presiden Jokowi berlayar mengarungi lautan Raja Ampat dan memancing. Dia pun menegaskan pembangunan Raja Ampat lewat bandara, termasuk untuk pariwisatanya.


"Di depan Gubernur Raja Ampat, Dominggus Mandacan saya menelepon Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menindaklanjuti perpanjangan Bandara Marinda, Waisai di Kabupaten Raja Ampat. Saat berkunjung ke Raja Ampat di akhir tahun 2015, sebenarnya saya telah meminta agar landasan pacu bandara tersebut diperpanjang supaya dapat didarati pesawat Boeing. Menhub berjanji landasan pacu akan ditambah 1.100 meter menjadi total 2.400 meter dan akan selesai tahun 2018/2019," begitu tulisan Presiden Jokowi pada videonya yang diposting lewat laman Instagram @jokowi.


5. Banyuwangi, Jawa Timur


Banyuwangi terus unjuk gigi di dunia pariwisata. Destinasi di paling timur Pulau Jawa ini terus mempromosikan keindahan alam dan budayanya lewat berbagai event. Sepanjang tahun 2017 kemarin saja, tercatat Banyuwangi punya 60 event!


Beberapa di antaranya seperti Festival Jeding Rijig (toilet bersih), Kebaya Festival, Festival Sastra, Banyuwangi Agro Expo, Banyuwangi International BMX, Banyuwangi Beach Jazz Festival, Festival Gandrung Sewu dan masih banyak lagi. Tentu dengan banyaknya event, membuat minat traveler ke Banyuwangi makin tinggi.


Belum lagi destinasi alam di Banyuwangi seperti Gunung Ijen hingga Taman Nasional Meru Betiri dan Taman Nasional Alas Purwo. Perhatian pemerintah daerah setempat terhadap fasilitas penunjang pariwisata di tiap destinasinya patut diapresiasi


6. Mandalika, NTB


Mandalika di Lombok, NTB masuk dalam daftar 10 Destinasi Prioritas. Di bulan Oktober 2017 kemarin, Mandalika akhirnya diresmikan Presiden Jokowi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata setelah sempat 'tertidur' 29 tahun.


Rencananya beberapa hotel dan resor berbintang akan dibangun di Mandalika dengan nilai investasi Rp 4,1 triliun dan total kamar mencapai 10 ribu. Serta, siap dibangun juga sirkuit balap kelas dunia dan convention center.


ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) pengelola KEK Mandalika, Provinsi NTB dan juga Kabupaten memegang kendali selaku pengelola Mandalika. Presiden Jokowi berpesan agar dibangun bangunan-bangunan bergaya Lombok, tata ruang yang baik, toilet bertaraf internasional dan aturan main para investor yang jelas.



7. Kepulauan Seribu, Jakarta


Di lepas daratan Jakarta terdapat Kepulauan Seribu yang juga masuk dalam daftar 10 Destinasi Prioritas. Sebut saja beberapa pulau cantik di sana seperti Pulau Perak, Pulau Bintang, Pulau Bira, Pulau Bulat, Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Macan, Pulau Pelangi, Pulau Semak Daun dan masih banyak lagi.


Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berencana mengembangkan pulau-pulau di Kepulauan Seribu untuk wisata alam dan wisata bahari. Tujuannya untuk memacu perekonomian setempat.


"Untuk memacu peran perekonomian, arahan dari Pak Gubernur (Anies Baswedan) kita fokus pengembangan pulau-pulau yang diperuntukkan bagi wisata umum dan pulau lainnya untuk wisata khusus, wisata alam, dan wisata bahari," kata Sandi di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jumat (22/12).


Potensi wisata yang rencananya akan dikembangkan di antaranya diving dan arkeologi bawah laut. Sebab, banyak harta karun di bawah laut Kepulauan Seribu.


"Ternyata di bawah Pulau Onrust itu kalau pasirnya disingkap banyak artefak-artefak, peninggalan yang terbesar di antara di Asia. Kapten Cook pernah berkata bahwa kapal terbaik pada zamannya adalah Pulau Onrust," tutur Sandi.


8. Sombori, Sulawesi Tengah


Kawasan timur Indonesia memang tidak dipungkiri keindahan kepulauan dan bawah lautnya. Yang sedang booming, adalah Sombori di Sulawesi Tengah. Lanskap gugusan pulaunya disebut-sebut sebagai Raja Ampat ala Sulawesi Tengah.


Kawasan Konservasi Perairan Sombori begitu nama lengkapnya. Sombori memiliki aquarium point di Pulau Dua, Gua Berlian yang baru ditemukan, Pantai Koko yang masih perawan, serta berbagai keindahan lainnya yang belum dijelajahi.


Lokasinya masuk dalam wilayah Morowali yang butuh perjuangan keras untuk sampai ke sana. Sombori terletak di perbatasan antara Sultra dan Sulteng. Akses terdekat adalah melalui Kendari, dilanjutkan dengan enam jam perjalanan menuju Dermaga Lafeu di Sulteng. Kemudian lanjut dengan menggunakan kapal menuju Sombori dengan waktu sekitar tiga jam.


Sekarang ini, sudah banyak operator wisata yang buka paket open trip di Sombori. Kami redaksi detikTravel percaya, jika Sombori dikelola dengan maksimal maka akan jadi destinasi incaran turis dunia di masa depan.


9. Pulau Pahawang Lampung


Kata siapa Lampung tidak punya gugusan pulau yang cantik? Datanglah ke Pahawang. Pulau di Pesawaran, Lampung Selatan beberapa tahun ini makin hits terdengar karena panoramanya yang memukau.


Dari Jakarta, perjalanan ke Pahawang dimulai dengan menaiki bus ke Pelabuhan Merak. Lalu dilanjutkan dengan menaiki kapal ferry menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni. Dari Bakauheni, diperlukan waktu sekitar tiga jam menaiki bus untuk sampai ke Dermaga Ketapang. Dari situlah, naik kapal untuk tiba di Pulau Pahawang dan beberapa pulau lainnya.


Ada Pulau Kelagian Kecil menyuguhkan pantai berpasir putih nan lembut yang berpadu apik dengan air hijau tosca bening layaknya kaca. Sementara di Pulau Kelagian Besar tersedia wahana olahraga air seperti banana boat dan sofa boat. Pulau Pahawang Kecil merupakan salah satu tempat paling mengagumkan di sana. Karena jika air surut, tampak Pasir Timbul yang menghubungkan pulau ini dengan Pulau Pahawang Besar.


Satu yang mencuri perhatian adalah Pulau Wayang yang disebut-sebut Raja Ampat dari Lampung. Dengan banyaknya agen perjalanan yang membuka jasa ke sana, Pulau Pahawang akan lebih tenar di tahun 2018 ini.


10. Wamena, Papua


Presiden Jokowi Jokowi meninjau pembangunan Jalan Trans Papua di Wamena pada Mei 2017. Semua mata tertuju padanya, sekaligus tertuju pada keindahan alam Wamena. Suatu kota yang berada di Kabupaten Jayawijaya.


Wamena sejak tahun 2016 kemarin sudah punya bandara yang megah. Ditambah pembangunan Jalan Trans Papua, akses menuju ke sana makin terjangkau. Traveler bakal terbius oleh keindahan alam Wamena, sebut saja seperti Danau Habema, hutan di Kampung Soroba, Kampung Sekan dengan view perbukitan yang indah, Bukit Sumpula yang punya hamparan pasir putih seperti pasir pantai, Kampung Sompaima yang menyimpan mumi hingga Lembah Baliem.


Di Lembah Baliem pula tiap tahunnya digelar Festival Lembah Baliem. Festival yang dimeriahkan Suku Dani dengan tarian perang yang seru nan mencekam. Selamat melihat pakaian tradisional koteka, serta mengangumi keeksotisan budayanya.




0 komentar:

Posting Komentar