Hanya Dengan 1 Akun Mainkan 8 GAMES | INDOVIP303.COM






Rabu, 17 April 2019





Pasar Kakilangit menjadi destinasi wisata yang kini mulai hits di kalangan traveler . Berlokasi di Desa Wisata Mangunan , Dlingo , Bantul , Yogyakarta , Pasar kuliner dan salah satu destinasi digital yang dicanangkan Kementerian Pariwisata ini dibangun atas inisiasi Generasi Pesona Indonesia          ( GenPi ) Jogja.

GenPi sendiri merupakan komunitas relawan yang digawangi anak muda dan bertujuan mempromosikan beragam destinasi wisata Indonesia . Dari kolaborasi beragam kreativitas anak-anak mudah tersebut , munculah beberapa keunikan Pasar kakilangit yang tidak ditemukan di tempat lain.

Berikut beberapa keunikaj yang bisa Anda temukan saat berwisata ke Pasar kakilangit , seperti yang di susun tim vipdomino88.com

Kuliner Khas
Jika Anda penggemar kuliner khas Bantul dan wilayah Jawa Tengah pada umumnya , pasar ini jadi tempat yang tepat untuk Anda kunjungi . Pasalnya , di lapk-lapak warung yang dikelola langsung oleh warga setempat. Kuliner-kuliner khas seperti Gudeg Manggar , Kelanan , Blondo, hingga Wedang Uwuh menjadi beragam jajanan yang bisa Anda cicipi di tempat ini.


Dekat Hutan Bengkung



Lokasi Pasar Kakilangit yang berada di kawasan Mangunan ternyata dekat dengan hutan Bengkung, yaitu salah satu destinasi wanawisata budaya Mataram. Dikawasan ini wisatawan juga bia mengunjungi makam raja-raja Mataram . Tak hanya itu, Anda juga bisa berkunjung ke sumber air kuni, Sendang Mangunan.

Nunung Elisabet , Koordinator GenPi Jogja saat dihubungi Vipdomino88.com mengatakan , Sendang Mangunan merupakan mata air yang tak pernah mati , sumbernya berasal dari Nglanggeran.

"Warga setempat pakai sumber air ini untuk keperluan upacara adat "kata Nunung .

Pakaian Adat 

Petugas dan pedagang yang ditemukan di Pasar Kakilangit selalu menggunakan pakaian adat jawa. Selain untuk menambah rasa cinta kepada budaya Indonesia, pakaian adat yang dikenakan para petugas dan pedagang juga makin memperkental suasana wisata unik yang di bungkus tradisi di Pasar Kakilangit.

Mata uang khusus 

Pasar Kakilangit yang hanya di buka  tiap sabtu dan Minggu ini kerap menampilkan pentas seni yang berbeda beda tiap minggunya . Pentas seni digelar tiap hari Minggu , dan uniknya, seniman seniman yang pentas adalah warga lokal Mangunan sendiri , dengan syarat pentas harus bersifat seni tradisi.

Sesi Belajar

Tak hanya makan makan , di tempat ini juga ada kegiatan rutin berupa sesi belajar di alam terbuka dengan materi belahjar yang selalu berbeda tiap minggunya. Anak - anak juga bisa mengikuti workshop berbagai keterampulan kesenian .



0 komentar:

Posting Komentar